Tips Belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris

Books Kampung Inggris Twenty Second

Belajar bahasa Inggris bagi pemula mungkin sangat membosankan. Kita sering melihat orang Indonesia lancar berbicara bahasa Inggris dan kita hanya bisa bengong melihat mereka cas cis cus. Menguasai bahasa Inggris memang butuh kerja keras namun bukan hal yang mustahil untuk dikuasai oleh orang Indonesia.

Mengapa bukan hal yang mustahil? Karena bahasa tetaplah bahasa, dan tidak ada yang berbeda. Bahasa Inggris itu sama dengan bahasa ibu kita  dan kita pasti bisa menguasainya. Coba kita pikir ketika kita masih bayi.

Kita menerima bahasa ibu kita saat tidak tahu sama sekali apa itu bahasa, struktur, dan tata cara penggunaannya. Tetapi coba lihat sekarang, kita bisa menggunakan bahasa itu kan?  mendengar, membaca, berbicara ( listening, reading and speaking ) kemudian menulis (writing). Sehingga jika kita ingin mempelajari dan kemudian menguasai bahasa Inggris, maka adopsi sistem yang kita ambil dari pembelajaran orang tua kepada anak selama ini.

1. Tips belajar speaking

  • Percaya diri, karena dengan percaya diri tanpa rasa takut keliru ketika ngomong bahasa inggris adalah kunci pertama yang harus kamu punya untuk mencoba ngomong dengan bahasa inggris walau itu keliru karena dengan banyak keliru kita akan mendapatkan banyak pembenaran dari teman kita selama di camp english area.
  • Memorize common vocabulary / kosa kata, mengahafal kosa kata yang umum dalam bahasa inggris adalah sebuah keharusan dengan target, semisal perhari minimal harus hafal 50 common vocabularies dan common vocabularies yang kita hafal harus kita praktekkan dalam percakapan sehari – hari. Kenapa yang common, karena kalau kita hafalkan yang common dulu akan mempermudah untuk praktek dalam keseharian selama dicamp yang 24 jam berbahasa inggris.
  • Pastikan berapa jam dalam sehari kita ngomong bahasa inggris semisal hari ini berapa jam saya ngomong bahasa inggris, karena dari situlah kita akan mendapatkan kemajuan dalam speaking kita. Seperti contoh berapa menit kita ngomong dikelas, berapa jam kita ngobrol di camp dengan teman kita dan mungkin berapa jam kita bercerita sendiri menggunakan bahasa inggris selama di camp. Semakin banyak waktu kita buat berbicara bahasa inggris maka semakin cepat juga peningkatan speaking english kita.
  • Belajar Speaking dikampung inggris sangat diminati pelajar seluruh indonesia sebenarnya karena besarnya komunitas bahasa inggris dikampung inggris sehingga dimanapun kita ketika dikampung inggris seperti contoh di camp , jalan, warung/cafe maka hampir setiap orang menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi untuk itu dikampung inggris adalah tempat yang memang tepat untuk belajar speaking atau mengasah speaking kita.

2. Tips belajar Pronunciation / accent

  • Pertama yang harus kita pelajari ketika ingin mengubah accent bahasa inggris adalah belajar phonetic symbol karena dengan phonetic symbol kita akan tahu suara asli dari setiap kosa kata bahasa inggris jadi kita tidak lagi menerka nerka lagi karena kebanyakan orang yang belajar bahasa inggris kebingungan dengan suara asli dari kosa kata bahasa inggris tersebut karena didalam bahasa inggris antara tulisan dan suaranya berbeda.
  • Kedua adalah mempelajari kemudian mempraktekkan tentang penyambungan suara dan perubahan suara penutur asli, sehingga kita bisa menganalisa suara dari penutur asli. Jika selama ini kita mendengar lagu atau percakapan penutur asli terasa sulit maka dengan mempelajari materi penyambungan dan perubahan suara semua akan menjadi mudah.
  • Ketiga setelah keduanya diatas dikuasai dengan baik maka yang selanjutnya untuk merubah accent kita supaya bisa seperti penutur asli adalah praktek dengan dibimbing tutor berpengalaman karena belajar accent/pronunciation adalah kunci utama untuk membuat bahasa inggris kita menjadi lebih baik dan mempermudah memahami dalam listening.

3. Tips menghafal vocabulary

  • Menghafal vocabulary dilakukan dipagi hari setelah habis subuh adalah waktu yang tepat karena otak kita dalam keadaan fresh sehingga akan mudah sekali untuk menerima dan mengahafal kosa kata bahasa inggris.
  • Mengulang – ulang hafalan vocabulary, karena dengan mengulang ulang kita akan semakin banyak mengucapkan dan akan lebih mudah untuk mempraktekkan dalam speaking sehari – hari.
  • Hafalkan vocabulary dengan membuat sebuah cerita pendek atau panjang yang memuat vocabulary yang kita hafal dengan begitu kita akan selalu mengingat vocabulary tersebut.

4. Tips belajar grammar

  • Belajar grammar menggunakan teori dan keterangan bahasa inggris tentu akan menjadi sangat sulit maka dari itu belajar grammar dengan teori dan penyampaian bahasa indonesia akan menjadi lebih mudah dan membuat kita menjadi paham secara menyeluruh.
  • Belajar grammar dengan materi yang berurutan dan menggunakan pola istilah yang mudah diterima orang indonesia seperti yang ada dalam materi grammar kita. Contoh menghafal 16 tenses dalam waktu 30 menit saja dengan teori dari kami.
  • Pendalaman grammar hanya bisa maksimal ketika kita benar benar fokus untuk belajar grammar semisal dalam sehari kita belajar 3 kali untuk materi grammar dan 2 kali untuk materi speaking karena grammar membutuhkan banyak waktu tenang dan konsentrasi dalam belajar.
Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



One response to “Tips Belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *