Pare memang surganya belajar bahasa Inggris, bukan berarti godaan tidak akan kamu dapati. Berikut 5 hal yang akan mengurangi efektifvitas belajar bahasa Inggrismu.

Teman begadang, memang asik sih ngobrol dengan teman-teman baru. Tapi, imbasnya?

Sebagai tujuan utama para pelajar Indonesia untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, Kampung Inggris Pare menawarkan beragam keunikannya. Teman-teman baru dari berbagai penjuru nusantara, tempat-tempat asik untuk nongkrong, rencana-rencana berlibur ke destinasi menarik di Jawa Timur yang memang terkenal dengan beragam tempat wisatanya yang indah. Dan yang cukup sering terjadi, terlibat cinta lokasi dengan pelajar lain di kelas. Hmmm… kira-kira mana yang akan menggoda kamu untuk tidak fokus belajar? Simak ulasan kami berikut ini.

 

Teman begadang, memang asik sih ngobrol dengan teman-teman baru. Tapi, imbasnya?

Teman bakal menjadi bagian yang sangat dominan ketika kamu di Pare. Dengan karakter dan kebiasaan yang beragam, temen-teman asrama bakalan sangat mempengaruhi pola hidup kamu di Kampung Inggris.  Mereka yang memiliki kesulitan untuk tidur atau insomnia agaknya kurang menguntungkan. Mereka suka begadang, beruntung kalau waktu yang dihabiskan untuk belajar, tapi mereka lebih memilih punya banyak topik menarik untuk dibicarakan, apalagi ditemani dengan secangki kopi panas di tengah angin malam Pare yang dingin. Akibatnya, besok pagi kamu bisa (dipastikan) bangun kesiangan, memulai hari dengan mood yang buruk, dan berimbas ke jadwal kelas kamu yang bisa berantakan.

Sebagai catatan, bukan berarti kamu tidak boleh begadang, menjalin keakraban dengan teman-teman yang lain sangat penting. Itu akan berimbas buruk jika kamu melakukannya sesering mungkin. Belajar bersama toh bisa mengakrabkan kamu dengan sesama penghuni asrama. Kalau mau begadang, malam minggu adalah waktu yang tepat untuk memuaskan hasrat begadangmu. Jadi ingat dengan penggalan lirik lagu salah satu musisi besar Indonesia, … begadang jangan begadang, kalau tidak ada artinya…. (ambil gitar dan siap begadang, hehe).

 

Nongkrong, kegiatan yang tidak kalah merugikan dari begadang. Biar tidak keseringan, segera siapkan alasan untuk menolak ajakan teman.

Nongkrong di kampung inggris

Desa seratus cafe,  memang sih pare ini statusnya desa, tapi tempat2 nongkrong nya banyak dan lumayan menggiurkan. Dengan fasilitas wifi, live music, makanan dengan harga yang terjangkau,dan teman yang salah, poin nomer dua ini (nongkrong) lumayan berhasil memporak porandakan fokus belajar di pare. Karena keasyikan nongkrong, imbasnya bakal banyak PR yang terbengkalai. Huuuh… such a waste time.

 

Fasilitas Wifi, dimana internet lebih menarik dari tumpukan buku-buku dan daftar PR yang mengantri untuk diselesaikan.

Fasilitas Wifi, dimana internet lebih menarik dari tumpukan buku-buku dan daftar PR yang mengantri untuk diselesaikan. - lung2x.wordpress.com

Hampir setiap asrama menyediakan fasilitas internet gratis. Bak dua sisi mata uang, fasilitas yang satu ini bisa merugikan jika kamu selalu fokus memperbarui status berbagai akun media sosial yang kamu miliki. Akan menguntungkan jika penggunaan internet ini kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas bahasa Inggris kamu. Bijak-bijaklah memanfaatkan fasilitas asrama yang satu ini.

 

Jawa Timur memiliki puluhan destinasi wisata yang sangat menarik, mumpung di Pare, sayang banget untuk dilewatkan. Tapi, kalau keseringan ke luar kota, Bagaimana dengan tujuan studi di Kampung Inggris?

Setiap akhir pekan mendekat, kamu akan sering mendengar rencana teman-teman kamu untuk berlibur ke tempat ini, ke tempat yang itu. Mengingat Jawa Timur memiliki semua tempat wisata. Mau menikmati deburan ombaknya? Malang dan Pacitan populer akan keindahan destinasi wisata pantainya. Kamu yang anak gunung, pasti tidak asing dengan Mahameru, puncak tertinggi pulau Jawa ini ada di Jawa Timur. Mendaki puncak Semeru mungkin butuh persiapan lebih, tapi mengunjungi kawasan wisata gunung Bromo, siapa yang mau menolak? Masih di Jawa Timur juga. Atau wisata belanja, cukup 3 jam kamu sudah berada di Surabaya.

Kota Batu juga tidak kalah populernya, berjarak 2 jam dari Pare, kota dengan udara sejuk pegunungan ini menawarkan banyak tempat wisata. Diantaranya, air terjun Coban Rondo, Jatim Park I dan II, Museum Angkut, Taman Rekreasi Selecta, Bukit Paralayang, dan masih banyak lagi yang sangat menarik perhatian kalau disebutkan semuanya disini.

Berwisata boleh saja, tapi jangan kamu agendakan disetiap akhir pekan. Selain membutuhkan budget lebih, tenaga kamu akan banyak terkuras untuk jalan-jalan saja, sementara kamu juga butuh waktu dan tenaga untuk mengasah skill bahasa Inggris di Kampung Inggris. Bagaimana? Semoga kamu tahan dengan kemolekan alam Jawa Timur.

 

Cinta Lokasi, distraksi yang dilematis, antara penyemangat belajar atau pembunuh semangat itu sendiri.

Cinta Lokasi, distraksi yang dilematis, antara penyemangat belajar atau pembunuh semangat itu sendiri.

Ini adalah distraksi yang cukup dilematis memang. Kamu bisa menang banyak disini, faktor seseorang yang kamu taksir di kelas akan meningkatkan intensitas belajar kamu. Buruknya, kamu akan terfokus untuk mendapatkan perhatian si dia. Hasilnya, tugas-tugas dan materi yang disampaikan tutor dianggap angin lalu. Beruntung bila kamu berhasil mendapatkan (cinta) si dia, bagaimana kalau rasa sukamu hanya sepihak (kamu saja yang suka, dianya tidak). Rugi banyak malah, bahasa Inggrisnya tidak maksimal, dia yang kamu taksir sudah pulang duluan atau naksir sama teman sekamar kamu (kebayangkan sakitnya tuh dimana-mana. Haha).

Bukan berarti kamu pantang untuk suka dan tertarik dengan pelajar yang lain, hanya saja kamu harus ingat tujuan awal kamu datang ke Kampung Inggris – lain lagi bila kamu memiliki misi mencari pendamping- sewajarnya saja, jangan sampai si dia menganggu konsentrasi belajar kamu.

bukan bermaksud untuk menakut-nakuti. Beberapa hal di atas bisa kita jadikan perhatian untuk lebih efektivitas belajar selama tinggal di Kampung Inggris Pare, biar niat kita dari rumah yang akan sungguh-sungguh belajar tidak sampai tergantikan atau tercemar dengan niatan lainnya. Semoga kamu kuat dengan godaan-godaan belajar di Kampung Inggris Pare nantinya. Amiin.

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *