Outdoor Study di Kampung Inggris

Outdoor Study di Kampung Inggris

Proses pembelajaran harus benar benar menarik dan menyenangkan bagi siswa supaya siswa dapat secara mudah bisa menyerap pelajaran yang diberikan tutor / pengajar. Salah satu solusi untuk mendapatkan suasana belajar yang menarik adalah dengan menerapkan pendekatan yang disebut Outdoor study (Pembelajaran diluar kelas).  Dengan pendekatan ini siswa akan terhindar dari tekanan Psikologis dalam belajar seperti: kebosanan, kejenuhan dan juga menghilangkan persepsi bahwa belajar hanya delam ruangan kelas.

Kampung Kursus Bahasa Inggris (Kampung Inggris) Pare Kediri yang dikenal sebagai wadah besar komunitas belajar Bahasa Inggris merupakan tempat yang sangat akrab dengan method / pendekatan Outdoor study. hal tersebut sejalan dengan tujuan bahwa pembelajaran di Kampung Inggris Pare menekankan pada pembelajaran yang menitik beratkan pada keaktifan siswa, atau dalam terminology pendidikan biasa disebut ‘Students centered approach’. Dengan menerapkan Outdoor study secara berkala, para pengajar dan para siswa di Kampung Inggris Pare secara otomatis dapat terhindar dari tekanan Psikologis dalam belajar. Karena tidak ada tekanan Psikologis ketika belajar di luar kelas, siswa akhirnya dapat secara aktif bertanya, berdiskusi, dan mengekspresikan hal hal yang biasanya tidak bisa dilakukan di dalam kelas.

Penerapan Outdoor study di Kampung Inggris Pare tidak terlepas dari lingkungan kampung / desa tempat belajar yang sangat mendukung. Di Kampung Inggris, tidak asing ditemukan orang orang berbicara bahasa Inggris atau membahas  masalah terkait belajar bahasa Inggris. Inilah salah satu kekuatan Kampung Inggris Pare jika dibandingkan kursus atau lembaga penyedia jasa belajar bahasa di luar Pare. Selain di Kampung Inggris Pare, akan sangat sulit ditemukan orang orang berbicara bahasa Inggris di jalan jalan, di warung – warung, dan ditempat umum lainnya. Hal inilah yang benar – benar dimanfaatkan para pengajar (Tutor) Bahasa Inggris untuk menereapkan pendekatan Outdoor Study di sekitar Kampung Inggris Pare. Tidak hanya itu, mudahnya pendekatan ini diterapkan juga karena banyaknya spot – spot di Kampung Inggris yang bisa dijadikan outdoor class bagi para tutor, sebagai contoh: Warung Ketan, Kebun Jagung, Lapangan desa, Taman Kilisuci dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Sangat sulit untuk membuat secara manual lingkungan belajar yang begitu kondusif untuk penerapan outdoor study berskala besar seperti di Kampung Inggris Pare. Lingkungan belajar yang natural dan mendukung untuk belajar Bahasa Inggris mungkin hanya biasa ditemukan di Kampung Inggris Pare Kediri. Bukan hanya materi – materi kebahasa Inggrisan yang ditekankan dalam pembelajaran, namun juga sensasi dan situasi belajar yang nyaman, serta pembelajaran karakter dan moral ketimuran juga dijunjung tinggi di Kampung Inggris Pare. Tak hanya Outdoor study yang menjadi keunggulan Kampung Inggris Pare, tetapi juga asrama – asrama bahasa Inggris yang dilengkapi dengan seperangkat aturan aturan yang bukan hanya menitik beratkan pada peningkatan kualitas belajar bahasa, tetapi juga aturan yang menitikberatkan pada aturan, dan moral ketimuran serta yang paling kental adalah menciptakan suasana persaudaraan kebangsaan.

-Sugiharto

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *