Keseruan belajar bahasa inggris di kampung inggris

9b28cc82-b5c6-4d37-b0a7-9cb7b3b5cdfc

Terkadang kita sudah menyerah terlebih dahulu untuk memulai sesuatu yang kita anggap sulit, seperti  halnya belajar bahasa inggris, sebagian dari kita akan menganggap bahwa sangatlah sulit belajar bahasa inggris, yang di karenakan kita merasa tidak punya modal vocab atau benar-benar tidak tau satu  kosa katapun dalam bahasa inggris selain kata “yes and no”, tetapi jangan khawatir, banyak kursusan yang bisa mengatasi kesulitan kalian dalam belajar bahasa inggris, sering baca berita atau postingan tentang  “kampung inggris?”. kampung inggris adalah sebuah kampung kecil yang terletak di desa Tulungrejo kecamatan pare, Kediri. Kenapa di sebut kampung inggris? apakah semua penghuni di situ berbahasa inggris?

Di sebut kampung inggris di karenakan lambat laun di kampung keci itu berkembang  lebih dari 100 kursusan bahasa inggris, yang mendatangkan ribuan siswa atau pelajar bahasa inggris melebihi penduduk asli di kampung inggris itu sendiri,  sehingga mayoritas penghuni kampung inggris adalah pendatang dari luar daerah, yang kebanyakan datang untuk belajar bahasa inggris, pada akhirnya tercetuslah  sebutan “kampung inggris”, sedangkan untuk penduduk asli disana tidak semuanya bisa berbahasa inggris, hanya ada beberapa saja yang bisa berbahasa inggris.

Kenapa dengan kampung iggris? Kampung inggris mempunyai kelebihan dalam metode pengajaranya, sehingga  menarik banyak orang untuk datang belajar bahasa inggris disana, banyak sekali keseruan belajar di kampung inggris, salah satunya belajar di tempat wisata atau taman bahkan lapangan, setiap hari jumat pagi atau sabtu pagi beberapa kursusan memiliki agenda jalan-jalan pagi, semua pelajar di kumpulkan berbaris memanjang kebelakang, dengan posisi berpasangan dua – dua (tidak harus cewek cowok), posisi berpasangan ini bertujuan untuk membuat percakapan bahasa inggris antar keduanya, bisa tanya jawab tentang identitas diri atau sharing pengalaman mereka masing-masing (bebas tema).

Dengan di dampingi para tutor atau pengajar kursusan, para pelajar juga di wajibkan membawa kamus dan alat tulis kecil supaya jika ada vocab atau kosa kata bahasa inggris yang mereka tidak tahu bisa di check di kamus masing-masing dan di catat di buku note mereka, sehingga sepanjang perjalanan mereka menuju tujuan bisa membangun komunikasi yang produktif dan aktif,  

Setelah sampai  tujuan semisalkan di lapangan, para tutor atau pengajar  membuat sebuah permainan yang nantinya tetap berhubungan dengan pelajaran bahasa inggris, salah satu contoh, permainan tutup mata, dimana seluruh pelajar di haruskan membuat lingkaran besar dan bergandengan tangan, diawali oleh salah salah satu pelajar yang di tunjuk oleh tutor, yang nantinya akan di tutup matanya dengan kain dan di putar badannya sebentar  supaya tidak tau arah, kemudian si pelajar ini harus bisa menangkap salah satu pelajar yang lainnya di dalam lingkaran besar yang juga berposisi memutar (pelan), dan yang tertangkap harus bisa menyebutkan beberapa vocab sesuai tema yang di sebutkan tutor, sebagai contoh menyebutkan tujuh kosa kata atau vocab buah-buahan dalam bahasa inggris dengan hitungan waktu 10 detik. Jika si pelajar kehabisan waktu maka dia akan menjadi giliran yang di tutup matanya.

Membangun kesolitan antar pelajar adalah salah satu kunci kenyamanan pelajar  dalam belajar bahasa inggris, sehingga pelajar akan selalu mendapatkan energy positifnya setiap hari,  itu adalah salah satu contoh saja dari sekian banyaknya keseruan belajar bahasa inggris di kampung inggris.

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *