Faktor kesulitan dalam penyampaian pidato (Delivering Speech)

Tutor Twenty Second Kampung Inggris

Speech (berpidato) merupakan kegiatan berbicara didepan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapat, gagasan atau penjelasan mengenai suatu hal. Berpidato bukanlah suatu hal yang dapat diremehkan, karena hanya orang orang yang mempunyai keberanian dan rasa percaya dirilah yang mampu melakukannya, terlebihlagi apabila kita harus berpidato dengan menggunakan bahasa lain seperti (Bahasa Inggris), bahasa global yang notabene bukan bahasa kita sendiri.

Berbicara tentang ‘speech’, pada kenyataannya banyak diantara kita yang kurang dalam hal speech, seperti halnya kita merasa gugup, tidak percaya diri dan ragu ketika kita berbicara dalam bahasa inggris, terlebih ketika kita harus berbicara bahasa inggris didepan kelas atau didepan umum. Hal tersebut bisa dikarenakan kita takut membuat kesalahn dalam berbicara bahasa Inggris, seperti yang dikatakan oleh  (West, 2003)trying to speak a second language in front people can make people anxiety or stress” yang pada intinya berbicara yang bukan bahasa kita didepan orang dapat membuat kita khawatir dalam membuat kesalahan.

Berdasarkan fakta yang telah dibuktikan dengan sebuah penelitian ilmiah, ada tiga faktor utama kesulitan dalam berbicara bahasa inggris (delivering speech) didepan umum khususnya bagi para pemula. Faktor yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lain, diantaranya adalah:

  1. Components of speaking skills (kemampuan berbicara)
  2. Comprehension (pemahaman)
  3. Grammar (tata bahasa)
  4. Vocabulary (perbendaharaan kata)
  5. Pronunciation (pengucapan kata)
  6. Fluency (kelancaran)
  7. Difficulties in public speaking
  8. Lack of Confidence (kurang percaya diri)
  9. Lack of attention to audience (kurang perhatian terhadap penonton)
  10. Lack of organization (pengurutan materi)
  11. Lack of preparation (kurang persiapan)
  12. Lack of management (pengaturann waktu)
  13. Psychological factor (faktor psikologi)
  14. Fear of mistake (takut membuat kesalahan)
  15. Shyness(malu)
  16. Anxiety (gelisah)
  17. Lack of motivation (kurang Motivasi)

Faktor-faktor tersebut merupakan faktor yang sering terjadi ketika penyampaian pidato (delivering speech) dalam bahasa Inggris khususnya bagi para pemula.

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *