Budaya Bersepeda di Kampung Inggris.

twenty second kampung inggris

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi tanpa mesin sehingga tidak menggunakan bahan bakar yang menjadikannya salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan. Selain digunakan sebagai alat transportasi, sepeda juga digunakan sebagai media olahraga agar tubuh sehat dan bugar.

Salah satu budaya yang sudah menjadi turun temurun di Kampung Inggris sejak awal adalah menjadikan sepeda kayuh sebagai alat transportasi para pelajar untuk bepergian kemana-mana. Kampung Inggris terletak diantara dua desa yaitu Desa Tulungrejo dan Desa Pelem Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sehingga menjadikan wilayahnya cukup luas. Para pelajar yang datang ke Kampung Inggris juga tidak hanya berasal dari sekitaran daerah Jawa Timur, melainkan berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, bergabung dan mengambil kursus di Kampung Inggris dengan durasi yang berbeda-beda, mulai dari 1 minggu sampai 6 Bulan lamanya, menyusuri Kampung Inggris dengan berjalan kaki tentunya cukup menguras tenaga, para pelajar membutuhkan transportasi praktis yang bisa digunakan kemana-mana, untuk pergi kursus (karena jarak antara camp dan kelas tidak selalu berdekatan) untuk membeli makan, membeli kebutuhan sehari-hari, ke ATM ataupun hanya untuk berkeliling-keliling bersama teman-teman. Karena transportasi umum sangat susah, dan alat transportasi yang memiliki bahan bakar seperti motor dan mobil akan cukup menguras kantong, jadilah sepeda kayuh yang menjadi alternatif, dan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan lama dan membudaya di Kampung Inggris.

Jika teman-teman datang ke Kampung Inggris, teman-teman akan melihat sepanjang jalanan besar atau pun di gang kecil, akan dipenuhi oleh orang-orang yang mengayuh sepeda, sepeda warna-warni dengan berbagai macam tipe. Untuk teman-teman yang ingin bersepeda, tidak perlu membawa sepeda dari rumah, karena disini sudah tersedia banyak tempat persewaan sepeda yang terletak di berbagai titik di Kampung Inggris.

Estimasi harga untuk menyewa sepeda juga bermacam-macam, tergantung jenis dan tipe sepeda, sepeda baru yang masih di segel (teman-teman sebagai pengguna pertama) dan sepeda lama tentu akan berbeda harganya, tersedia mulai dari sepeda biasa, sepeda lawas (sepeda antik), sepeda gunung bahkan sepeda yang lagi hits dan kekinian seperti pixy juga ada, kisaran harga sewa mulai dari Rp. 70.000 – Rp. 100.000 perbulannya. Nah berikut akan admin jelaskan apa saja yang perlu teman-teman perhatikan jika ingin menyewa sepeda di Kampung Inggris.

  • Mempersiapkan kartu identitas sebagai jaminan pinjaman seperti, KTP, SIM, atau kartu perlajar.
  • Memastikan tempat rental sepeda memiliki tempat servis sendiri, sehingga jika terjadi apa-apa dengan sepeda teman-teman, bisa langsung di servis di tempat penyewaan sepeda tersebut, tentu akan lebih menghemat biaya jika dibandingkan harus servis di tempat lain.
  • Jika menyewa sepeda, teman-teman akan dipersilahkan memilih sendiri sepeda mana yang akan teman-teman sewa. Oleh karena itu teman-teman harus memastikan sepeda yang teman-teman pilih sudah aman, mulai dari rem, roda dan bagaimana rasanya ketika di gunakan (Setelah memilih, teman-teman akan dipersilahkan mencoba calon sepeda yang akan teman-teman sewa nantinya) sehingga tidak ada penyesalan nantinya setelah menyewa sepeda.
  • Memastikan sepeda yang teman-teman sewa sudah memiliki kunci, hal tersebut demi keamanan dan guna menghindari kehilangan, karena biar bagaimanapun, sangat banyak pengguna sepeda di Kampung Inggris dan juga sangat banyak pendatang dengan watak dan pola pikir yang berbeda-beda, sehingga kita selalu perlu untuk waspada.
  • Menjaga dan merawat sepeda. Selama sebulan teman-teman akan menyewa sepeda tersebut, jika ada kerusakan ataupun kehilangan tentu saja akan menjadi tanggung jawab teman-teman sendiri. So, be patient ya ..
  • Teman-teman harus menandai nomor dan ciri khas sepeda yang teman-teman sewa, hal tersebut karena banyaknya pengguna sepeda di Kampung Inggris sehingga tidak sedikit tipe dan jenis serta warna sepeda yang sama, jadi jangan sampai tertukar ya. Hehe
  • Jangan ceroboh. Jika teman-teman tidak sengaja menghilangkan kunci sepeda, teman-teman bisa segera melapor ke tempat persewaan sepeda yang teman-teman sewa ya, dengan membayar sekitar Rp.10.000 – Rp.20.000 (tergantung tempat penyewaan), teman-teman sudah mendapat kunci baru. Jadi harus berhati-hati ya..
  • Jangan lupa mengembalikan atau memperpanjang masa sewa. Nah jika teman-teman melakukan pinjaman untuk sebulan, lalu dibulan berikutnya teman-teman berniat memperpanjang masa sewa atau ingin mencoba meminjam di persewaan sepeda lainnya, segera lapor ke tempat persewaan sepeda, karena jika tidak maka akan di hitung sebagai masa denda.

Selain sepeda, ada juga alat transportasi bermesin seperti motor atau mobil, dengan estimasi harga sewa perhari Rp. 60.000 – Rp.70.000 untuk motor sepeda dan Rp.250.000 – Rp.300.000 untuk mobil dalam perhari. Para pelajar biasa memanfaatkan persewaan kendaraan bermotor untuk jarak tempuh yang lebih jauh, seperti jika ingin menikmati akhir pekan bersama teman-temannya untuk pergi berwisata, karena jarak tempat wisata cukup jauh (2-5 jam menggunakan motor/mobil) dan hal tersebut kurang memungkinkan jika harus menggunakan sepeda kayuh.

Selain itu, Kampung Inggris juga tentunya mengikuti update terkini dalam hal transportasi, di Kampung Inggris juga sudah dimasuki oleh angkutan online sperti GoJek dan GoCar, jika sewaktu-waktu teman-teman membutuhkan jasa angkutan online, tetapi hal tersebut tidak akan mematahkan budaya bersepeda yang sudah ada di Kampung Inggris. hihi

Nah itu dia info seputar budaya bersepeda di Kampung Inggris, selain lebih hemat, teman-teman yang biasa hidup di lingkungan perkotaan dan melihat sepeda sangat jarang sebagai alat transportasi utama maka disini dengan lingkungan pedesaan yang masih sangat asri dan sepeda sebagai transportasinya pasti akan menjadi pengalaman dan hal baru yang tentunya sangat seru untuk di nikmati.

Jika kalian ingin bergabung di Kampung Inggris, berikut adalah hal-hal lain yang wajib kalian ketahui sebelum bergabung di kampung Inggris yang bisa kalian baca disini : 20 info dasar yang wajib kalian ketahui tentang Kampung Inggris.

Jadi tunggu apalagi, segera daftar dan bergabung bersama lembaga kursus terbaik di Kampung Inggris. sampai jumpa di Twenty Second Kampung Inggris ya, kita berkeliling dan gowes bareng..

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *