5 hal yang wajib kamu ketahui tentang English Area di Pare

Manfaat English Area Kampung Inggris Pare

Salah satu daya tarik dari Pare adalah English Area-nya, dimana kamu diwajibkan untuk berbahasa Inggris di lingkungan asrama. Meskipun sebagian memilih tinggal di kost, mau tidak mau mereka akan (sedikit) terpengaruh juga dengan lingkungan berbahasa Inggris ini. Seperti dua sisi mata uang, English Area bisa memberimu segudang manfaat, atau sebaliknya. Berikut 5 hal yang wajib kamu ketahui tentang English Area di Pare agar kamu mendapatkan segudang manfaatnya.

Berbahasa adalah kebiasaan. Alasan utama kenapa English Area itu wajib.

Tidak ada yang bisa mengelak bahwasanya kita bisa karena terbiasa. Bayangkan saja, kapanpun dan dimanapun itu kamu selalu berbahasa Inggris. Berapa banyak kemajuan yang akan kamu dapatkan? Jangan sekadar di bayangkan saja yah, kamu juga wajib mempraktekkannya. Untuk memulai adalah bagian yang paling sulit, tapi untuk seterusnya adalah bagian yang mengasikkan. Kamu pasti bisa.

Takut salah ngomong? Tenang, ada Tutor dan teman kamu yang siap membantu.

Hal ini menjadi lumrah ketika kita (sangat) ingin segera bisa berbahasa Inggris. Ada harapan untuk berbahasa Inggris secara lancar dan tepat sesegera mungkin, kalau perlu tanpa mengalami salah dan kesusahan apapun. Alhasil, ketakutan untuk berbicara yang akan kamu tuai (Tidak semua akan takut salah ngomong, tapi sebagian besar pernah mengalaminya).

Jangan takut salah! Ada Tutor asrama yang akan membantu untuk mengoreksi bahasa Inggris kamu. Teman-teman kamu yang sudah cukup senior di Pare pun siap membantu juga. Never try, never know. Bukan begitu?

Jangan takut poin hukuman! Takutlah jika tidak bisa berbahasa Inggris.

Umumnya, jika kamu berbahasa selain bahasa Inggris di lingkungan asrama kamu akan mendapatkan poin hukuman per katanya. Tapi ingatlah, ini akan memotivasi kamu untuk selalu berbahasa Inggris. Hasil akhinya adalah kamu lancar dan terbiasa berbahasa Inggris. Sebagian besar dari kita masih terfokus pada apa yang kita takutkan. Di Pare, mulailah untuk fokus pada tujuan kita, berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Punya sedikit pembendaharaan kosakata? Manfaatkanlah buku catatanmu!

Pertama kali datang ke Pare, saya terkagum dengan ketekunan para pelajar disini. Apapun yang mereka bawa kemana-mana, entah untuk pergi makan, berbelanja, sekadar nonton TV, atau bersepeda, buku-buku selalu ada di tangan mereka, termasuk buku catatan kecil yang setelah saya tanyakan itu adalah catatan kosakata mereka.

Mereka tidak khawatir akan keterbatasan kosakatanya. Setiap kali hendak berbicara tapi tidak mengetahui kosakatanya, Aldi, salah satu teman saya dulu membongkar rahasianya (sebetulnya ini sudah menjadi rahasia umum, hanya saja Saya baru mengetahuinya). Tanyakan ke Tutor kosakata yang tidak kamu ketahui, dan segera catat kosakata tersebut di buku catatan. Lakukan hal tersebut berulang-ulang jika kamu tidak mengetahui atau masih bingung dengan kosakata mana yang seharusnya kamu gunakan, mengingat ada pelajaran Vocabulary juga. Saat mempunyai waktu senggang, wajib kamu review daftar kosakata di buku catatanmu. Itu adalah daftar kosakata-kosakata yang terus-terusan kamu gunakan kedepannya. Simple bukan? Dan kamu wajib konsisten selalu membawa buku catatanmu. Pilih yang kecil, supaya mudah dibawa kemana-mana.

Lakukan banyak kesalahan-kesalahan di Pare. Setelah itu, yang benar-benar akan kamu dapatkan.

Perlu dicatat. Kesalah-kesalahan yang dimaksud adalah kesalahan-sesalahan yang sebenarnya sederhana dan biasa terjadi dalam berbahasa Inggris. Baik itu dari susunan tata bahasa (Grammar), pemilihan kosakata (Vocabulary), atau cara pengucapan setiap kosakata (Pronunciation).

Kesalahan yang sesungguhnya adalah saat kita tidak (bisa) belajar dari kesalahan tersebut. Sekali lagi, mumpung masih di Pare, manfaatkan sebaik mungkin English Area, lakukan sebanyak mungkin kesalahan-kesalahan dalam berbahasa Inggris sekaligus dapatkan koreksi sebanyak-banyaknya dari kesalahan yang kamu buat, sebelum kamu siap meninggalkan Pare dan mempraktekkan semua ilmu bahasa Inggris kamu. That’s truly learning.

 

Pada akhirnya, 5 hal di atas tidak akan berkerja sama sekali jika kamu masih mengedepankan ketakutanmu. Tinggalkan ketakutan-ketakutan itu di rumah, sebelum pergi ke Pare. Ganti dengan fokus ke tujuan-tujuan dan impian-impian kamu selama ini. Selamat (siap-siap) ke Pare!!!

-Khairi Abu

Share This:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *